Sekolah Adiwyata SMPN 2 Dayeuh Kolot

Sekolah Adiwyata SMPN 2 Dayeuh Kolot


SOREANG,(PRLM).-SMPN 2 Dayeuhkolot mewakili Kab. Bandung dalam penilaian lomba sekolah sehat tingkat Wilayah IV Jabar. Penilaian ditekankan pendidikan kesehatan, lingkungan sehat, dan pelayanan kesehatan sehingga tiap kelas memiliki tiga siswa kader kesehatan remaja (KKR).
"Untuk pendidikan kesehatan dilakukan pihak sekolah bekerja sama dengan Puskesmas kecamatan, PMI, Dinkes, dan Tim Penggerak PKK," kata Kepala SMPN 2 Dayeuhkolot Kab. Bandung, Dra. H. Widaningsih Zein, M.M.Pd (59), di ruang kerjanya, Kamis (4/11).
Lebih jauh Widaningsih mengatakan, KKR membantu penyuluhan menjaga kesehatan diri, reproduksi remaja, narkotika, makanan bergizi, dan HIV/AIDS. "Tentu perawatan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat juga ditangani KKR," katanya.
Sebelumnya, SMPN 2 Dayeuhkolot berhasil meraih Piala Adiwiyata untuk kategori sekolah berbudaya lingkungan tahun 2009 dan 2010. "Kalau berhasil di tingkat wilayah akan maju ke tingkat Jawa Barat. Saingan berat dari wakil Kota Bandung," katanya.
Penilaian sudah dilakukan tim dari Pemprov Jabar, Rabu (3/11), dengan melihat administrasi dan fasilitas Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), sarana jamban dan air bersih, kantin sehat, dan pengelolaan sampah. "Kebun tanaman obat keluarga sekolah (togas) juga dinilai. Bahkan, para pedagang kantin ditanya soal makanan bergizi, pemakaian zat pewarna dan zat pengawet di makanan," katanya.(A-71/kur)***


Tepang Sono

TEPANG SONO